December 4, 2020

James Rodriguez, Bak Mitos di Timnas tapi Terpuruk di Real Madrid

James Rodriguez punya karir yang mewah ketika membela timnas Kolombia. Akan tetapi, jika membahas karirnya di Real Madrid, bisa dibilang pemain 28 tahun itu tidak begitu menonjol.

James Rodriguez bergabung dengan Real Madrid pada 2014 lalu, usai tampil bagus bersama Kolombia di Piala Dunia. James Rodriguez mampu mencetak enam gol dari lima laga di Piala Dunia 2014 Brasil.

Sebelum bersinar di timnas, nama James Rodriguez juga menonjol di AS Monaco. Pada musim 2013/2014, dia mampu mencetak sembilan gol dan membawa AS Monaco berada di posisi kedua klasemen akhir Ligue 1.

Real Madrid harus membayar 80 juta euro untuk membelinya dari Monaco. Saat itu, Carlo Ancelotti bertindak sebagai pelatih Real Madrid. Hanya saja, masa kerja Ancelotti berakhir lebih cepat.

Tampil Bagus di Musim Pertama

Pada musim pertamanya, James Rodriguez tampil bagus untuk Real Madrid. Di ajang La Liga, dia mampu mencetak 17 gol dan 13 assist. Namun, setelah itu, segalanya berjalan sulit bagi James Rodriguez.

“Pada musim pertamanya, dia mampu menampilkan permainan luar biasa dan menunjukkan bakatnya. Dia mencetak beberapa gol luar biasa di Real Madrid,” kata Fernando Morientes, eks penyerang Real Madrid, kepada Marca.

James Rodriguez tidak mendapatkan menit bermain reguler. Lalu, dia dipinjamkan ke Bayern Munchen pada 2017 hingga 2019. Dua musim bermain di Bundesliga, dia tampil cukup bagus, tetapi tidak menonjol.

“Meraih sukses di Real Madrid sangat sulit karena ada kompetisi dan dia bermain pada posisi di mana ada banyak pemain lain dengan bakat dan masa depan yang besar,” ulas Morientes.

Bak Mitos di Timnas Kolombia

Melihat James Rodriguez di timnas Kolombia dan Real Madrid seperti dua orang berbeda. James selalu tampil bagus di Kolombia, dengan nomor punggung 10 dan ban kapten yang melingkar di lengannya.

“Kami bicara tentang pemain yang luar biasa, bak mitos di Kolombia, untuk tim nasional. Tidak semua pemain bisa sukses pada level yang sama,” kata Morientes.

“Apa pun yang terjadi pada sisa musim ini, saya tidak berpikit James akan pergi dengan rasa sakit atau kejayaan. Bagi saya, James Rodriguez adalah pemain yang luar biasa dan saya yakin kami akan melihatnya bersinar, di Real Madrid atau tim lain,” kata Morientes.