December 4, 2020

Waktunya MU Berpaling dari David De Gea?

Penampilan David De Gea di Manchester United mendapat sorotan lagi. Ada yang bilang sudah saatnya Setan Merah berpaling dari kiper Spanyol itu.

MU menelan kekalahan dari Chelsea di babak semifinal Piala FA. Di Wembley, Senin (20/7/2020) dini hari WIB, The Red Devils ditumbangkan 1-3 oleh The Blues.

Gol pertama Chelsea terjadi pada pengujung babak pertama. De Gea tak sigap melakukan antisipasi pada sontekan Olivier Giroud dari muka penalti.

Sementara pada awal babak kedua, De Gea kurang cermat mengantisipasi tendangan pemain Chelsea, Mason Mount, dari luar kotak penalti.

Gol ketiga Chelsea pada laga melawan MU di Wembley kali ini merupakan hasil bunuh diri Harry Maguire. Satu gol balasan MU dibukukan oleh Bruno Fernandes via titik putih.

Eks pemain Newcastle United dan Blackburn Rovers, Alan Shearer, yang menilai bahwa MU harus sudah mulai menepikan De Gea. Di Liga Inggris musim ini, pemain yang dipinjamkan MU ke Sheffield United, Dean Henderson, tampil lebih oke.

Dalam catatan Opta, David De Gea sudah melakukan 91 penyelamatan. Henderson bisa menorehkan empat save lebih banyak.

Rekor kebobolan Henderson baru 29 kali, atau lebih sedikit enam gol dibandingkan De Gea. Untuk sementara clean sheet Henderson di angka 13, lebih banyak sekali dibandingkan De Gea.

David De Gea sudah membuahkan 3 blunder yang berbuah gol. Sementara Henderson baru membuat kesalahan fatal yang membuahkan gol untuk tim lawan.

“Saya pikir inilah waktunya (untuk menepikannya). Itu terus terjadi,” kata Shearer di BBC.

“Saya kira anda memulangkan Henderson saat anda berpikir dia akan menjadi nomor satu. Dia harus memulangkannya sebagai nomor satu atau tetap meminjamkannya untuk menambah pengalaman, tapi, apakah waktunya sudah tiba? Ya, saya pikir sudah tiba,” dia menambahkan.